Tinjau Bazar Ramadan di GOR Cengkareng, Mendag Zulhas: Hati-hati Disita Sama Satgas

Jakarta, wartaduta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas memperingatkan bagi pihak yang menimbun pangan akan ditindak tegas oleh Satgas Pangan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan peninjauan bazar Ramadan di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu 5 April 2023.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan peninjauan bazar Ramadan di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu 5 April 2023.

Hal itu dikatakan Mendag saat meninjau pelaksaan bazar Ramadan menjelang hari raya lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah yang di gelar di GOR Cengkareng, Jalan Utama Raya Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Rabu 5 April 2023.

“Hati-hati kalau ada yang nimbun-nimbun, barangnya bisa disita satgas pangan. Jadi kita minta ambil untung, oke yang wajar. Tapi kalau rekayasa sampai nimbun barang hati-hati disita sama satgas, barangnya diambil,” ujar Zulkifli Hasan.

Mendag Zulhas menyebutkan bahwa satgas pangan nasional memiliki tugas yakni melakukan pengawasan dan menindak bentuk penyimpangan.

Bazar Ramadan yang digelar di GOR Cengkareng ini dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan sekaligus mengantisipasi lonjakan harga pangan jelang lebaran.

Kegiatan Bazar Ramadan berlangsung di wilayah DKI Jakarta, dan sejumlah daerah lainnya.

“Ini kita bersama wali kota Jakarta Barat hadir untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan harga pangan murah,” ujar Zulhas, didampingi Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto dan Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo.

Dalam peninjauan itu, Zulhas mengemukakan bahwa semua harga komoditas bahan pangan sudah stabil bahkan cenderung turun.

“Cabe turun, beras turun, gula stabil, tepung stabil. Terus harga telur turun, daging ayam turun. Hanya harga daging naik sedikit,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah komoditi bahan pokok dijual murah dari harga pasaran, misalnya tepung terigu Rp 14.000 dijual dengan harga Rp 12.000, beras ukuran 4kg Rp 56 000 dijual Rp 54 000, bawang putih 1 kg dijual Rp 25.000.

Minyakita dijual Rp 14.000, serta paket berisi tepung kentang, tepung beras dan santan dijual seharga Rp 20.000 dari harga normal.

Di lokasi yang sama, Kepala Suku Dinas (Sudin) PPKUKM Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramid mengatakan, bazar Ramadan terselenggara atas sinergi kementerian perdagangan dan Dinas PPKUKM DKI Jakarta serta sejumlah stakeholder dalam rangka ketersediaan bahan pokok dan mengendalikan inflasi daerah menjelang lebaran tahun 2023.

Iqbal berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam membeli komoditas kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Kegiatan ini berlangsung di wilayah DKI Jakarta, dimulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Selain GOR Cengkareng, kegiatan ini akan berlangsung di kecamatan Kalideres, besok, (Kamis 6 April 2023),” jelasnya.

Post a Comment