Anggota DPR RI Sesalkan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023

Jakarta, wartaduta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyesalkan atas pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 tahun 2023. Menurutnya, hal ini akibat inkonsistensi sikap Pemerintah Daerah (Pemda) dan komunikasi publik dari PSSI maupun Pemerintah yang kurang optimal hingga akhirnya sepakbola Indonesia mengalami rugi besar.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian

”FIFA memiliki aturan tegas yang dapat berdampak pada pengucilan Timnas Sepakbola Indonesia yang tentu akan berdampak panjang bagi peningkatan prestasi, industri olahraga, pendapatan atlet, hingga pride bangsa Indonesia sendiri di mata dunia,” jelas Hetifah dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 Maret 2023.

Legislator Dapil Kalimantan Timur ini mengatakan Sepakbola Indonesia pernah menerima pil pahit sanksi FIFA di tahun 2015, dan berpotensi kembali menerima sanksi serupa dari FIFA.

”(Tahun 2015) yaitu dicabutnya keanggotaan PSSI dari FIFA serta pelarangan Timnas maupun klub Indonesia mengikuti kompetisi internasional di bawah naungan FIFA dan AFC. Sungguh merugi jika sepakbola Indonesia kembali menerima sanksi serupa,” lanjutnya.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini, berharap Timnas sepakbola U20 Indonesia masih dapat bermain di Piala Dunia 2023, mengingat hingga kini Ketua PSSI Erick Thohir dan Kemenpora terus melakukan upaya lobi guna meminimalisir dampak pembatalan ini.

”Saya berharap, Timnas sepakbola U20 Indonesia masih dapat bermain di Piala Dunia 2023, meskipun bukan di tanah air sendiri,” harapnya.

Sebagai informasi, Federation Internationale de Football Association (FIFA), yakni federasi sepak bola dunia melalui laman resmi mereka pada Rabu 29 Maret 2023 mengumumkan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dalam pernyataannya, FIFA membeberkan alasan mereka mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia dan menegaskan mencoret Indonesia karena ’situasi terkini’, namun tidak menjelaskan secara rinci permasalahan yang menjadi pertimbangan FIFA.

Post a Comment