Ketua DPR Imbau Pemerintah Pantau PTM Guna Cegah Penyebaran Hepatitis Akut di Sekolah

Jakarta, wartaduta.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau kepada pemerintah agar memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk mencegah penyebaran hepatitis akut di sekolah.

Ketua DPR RI Puan Maharani

“Pemerintah perlu terus memantau pelaksanaan PTM untuk menjaga peserta didik dari penyebaran hepatitis akut,” terang ketua DPR RI Puan Maharani, Jakarta, Jumat 13 Mei 2022.

Selain itu Puan Maharani juga mengimbau kepada masyarakat khususnya orangtua yang memiliki anak untuk mengantisipasi penyebaran hepatitis akut yang dilaporkan cukup membahayakan bagi anak.

“Peran orangtua sangat penting dalam menghadapi hepatitis akut yang masih belum diketahui penyebabnya ini. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan menjaga pola keseharian anak,” ujar Puan Maharani.

Mengenai itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto.

Menurut Agus, penyebaran hepatitis akut ini memang perlu diwaspadai di lingkungan sekolah selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Ada dua kekhawatiran dalam pelaksanaan PTM, yaitu berkenaan dengan COVID-19 yang masih berada dalam pantauan usai mudik Lebaran 2022 dan kecemasan mengenai kasus suspek hepatitis akut di masyarakat,” ujar Agus.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran hepatitis akut selama pelaksanaan PTM, Agus mengimbau seluruh pihak agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Agus juga berpesan, agar masyarakat mengakses informasi akurat yang telah disediakan pemerintah atau lembaga dan organisasi yang mempunyai otoritas.

“Sebenarnya saluran resmi masyarakat tentang hal itu ada. Di IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) pun sudah menyediakan nomor khusus untuk bertanya. Kemudian di Kemenkes ada juga pakai 119. Di Rumah Sakit Soeroso juga sudah bisa,” kata Agus.

Post a Comment